Peranan guru terhadap murid-muridnya merupakan peran vital dari sekian banyak peran yang harus ia jalani. Hal ini dikarenakan komunitas utama yang menjadi wilayah tugas guru adalah di dalam kelas untuk memberikan keteladanan, pengalaman serta ilmu pengetahuan kepada mereka. Begitupun peranan guru atas murid-muridnya tadi bisa dibagi menjadi dua jenis menurut situasi interaksi sosial yang mereka hadapi, yakni : (1). Situasi formal dalam proses belajar mengajar di kelas dan, (2). Situasi informal di luar kelas.
Selain keteladanan, kewibawaan juga perlu. Dengan kewibawaan guru menegakkan disiplin demi kelancaran dan ketertiban proses belajar mengajar. Dalam pendidikan, kewibawaan merupakan syarat mutlak mendidik dan membimbing anak dalam perkembangannya ke arah tujuan pendidikan. Bimbingan atau pendidikan hanya mungkin bila ada kepatuhan dari pihak anak dan kepatuhan diperoleh bila pendidik mempunyai kewibawaan.
Kewibawaan dan kepatuhan merupakan dua hal yang komplementer untuk menjamin adanya disiplin (S. Nasution, 1995). ---( oleh: Khoirurrijal, MA. )---
TENAGA PENDIDIK
MADRASAH IBTIDAIYAH HUDATUL KHAIRIYAH
NO | NAMA PENDIDIK | STATUS | JABATAN/MENGAJAR |
1. | Moh. Soleh, S.Ag | PNS | Kepala Madrasah |
2. | Idham Khalid, S.Pd.I | Honorer | Guru SKI dan IPS |
3. | Tihana A., A.Ma | PNS | Guru Kelas 1 |
4. | Isyaroh, S.Pd | PNS | Guru Kelas 1 |
5. | Nuryati, A.Ma | PNS | Guru Kelas 2a |
6. | Kholidah, S.Pd.I | PNS | Guru Kelas 2b |
7. | Ida Farida, S.Pd.I | PNS | Guru Kelas 3a |
8. | Zubaidah, S.Pd | PNS | Guru Kelas 3b |
9. | Komariah | PNS | Guru PLBJ, SBK dan MTK-4 |
10. | Sri Munawati | PNS | Guru Bahasa Indonesia |
11. | Siti Badria, S.Pd | PNS | Guru IPA dan PKn |
12. | Komariah | PNS | Guru PLBJ, SBK dan MTK-4 |
13. | R. Titien Sugiharti | Honorer | Guru Bahasa Inggris |
14. | Neneng H., S.Sos.I | Honorer | Guru PLBJ, SBK dan PKn |
15. | Rodalih | Honorer | Guru PJOK dan Quran-Hadits |
16. | M. Mukmin, S.Ag | Honorer | Guru Matematika |
17. | - | - | - |
18. | - | - | - |